Selasa, 20 Desember 2011

membuka genggaman..

oleh Nur Setiandi pada 12 Agustus 2011 pukul 6:21

copass dari grup sebelah..

Dari cerita seorang teman. senoga bermanfaat..

Ada teknik berburu monyet di hutan-hutan Afrika. Caranya sangat unik, dan memungkinkan
pemburu bisa menangkap buruannya dalam keadaan hidup tanpa cedera. Para pemburu hanya menggunakan toples berleher panjang dan sempit. Toples-toples tersebut diisi kacang yang diberi aroma khusus kesukaan monyet, kemudian toples-toples tersebut ditanam dalam tanah dan menyisakan mulut toples di permukaan tanah. Ini dilakukan pada sore hari dan pada keesokan harinya para pemburu tinggal meringkus monyet-monyet tersebut dengan mudah. Mengapa?karena ketika monyet-monyet tadi tertarik dengan aroma kacang, mereka akan mengambil kacang dalam toples, tapi karena tangan monyet dalam keadaan menggenggam maka monyet tidak bisa menarik tangan mereka keluar dari toples. Selama monyet tersebut mempertahankan genggamannya, selama itu pula dia akan terjebak. Toples yang ditanam dalam tanah tersebut terlalu keras dan berat untuk diangkat sehingga monyet tetap diam terjebak.

Mungkin kita akan tertawa melihat kebodohan yang dilakukan para monyet, tapi tanpa sadar mungkin kita sedang metertawakan diri sendiri, tanpa sadar kita bisa melakukan seperti apa yang dilakukan para monyet tersebut. Kita kadang menggenggam erat permasalahan kita layaknya mereka menggenggam kacang. Kita sering menyimpan dendam, tak mudah
memaafkan, tak mudah mengampuni, ucapan kita mengatakan ikhlas namun bara kemarahan masih bersemayam dalam dada, kita hampir tak mampu melepaskannya, bahkan kita bertindak lebih buruk dibanding para monyet tadi, karena kita bisa membawa-bawa toples sakit hati kemanapun kita pergi. Dengan beban seberat itu kita berusaha untuk terus berjalan. tanpa sadar kita sesungguhnya sedang terperangkap dalam toples 'kemarahan'. sesungguhnya, monyet-monyet tersebut bisa selamat jika mereka mau melepas genggaman tangannya dan Insya Allah kita pun akan selamat jika sebelum matahari terbit kita mampu melepas perasaan buruk kita terhadap siapapun.

Selamat membuka genggaman tangan Anda. Salam. :D
link notes fb saya
gambar hasil googling

0 komentar:

Posting Komentar