Minggu, 22 September 2013

[cerpen] Nunggu Apa? (1)

        Buru-buru ku naiki anak tangga itu. Sebenernya ada escalator tapi jauh lebih cepet kalo pake tangga. Langsung ku menuju gerai makanan cepat saji di sana. Dari kejauhan terlihat wanita berambut panjang yang akan ku temui siang ini. Setengah berlari aku masuk dan menghampirinya.

        “Sori gue telat” adalah kata pertama yang keluar dari mulutku. “Ah taik lo telat lama banget, katanya dua puluh menit doank.” Sahutnya menandakan tidak puas. “Haha sori..sori. ini gue belom lo pesenin?” tanyaku. “Pesen sendiri lah, enak aja” jawabnya.

          Ku taruh tasku di depannya lalu beralih ke counter pemesanan lalu aku memesan paket makan siang plus kentang goreng ekstra sebagai tambahan. Tindakan prefentif mencegah kekosongan waktu haha. Selesai memesan aku kembali ke meja tadi.


           “Jadi gini, tadi waktu gue turun,, udah siap nih, ternyata di bawah ada ibu kost. Ya nggak mungkin lah gue langsung nyelonong gitu aja. Sepik-sepik dikit lah baru gue pamit alasan udah ditunggu temen.” Dengan muka sombongnya dia menjawab “Emank gue temen lo?” “Anjir!” sahutku lalu kami tertawa, menertawakan entah apa yang baru saja terjadi.

            “Ah elu pasti sepik-sepik biar boleh ngutang bayar kost kan?” “Enak aja, gue bayar full di depan ya” Bahasanya memang agak kasar. Tapi mungkin memang di sini bahasa seperti ini dianggap biasa, jadi akulah yang harus membiasakan diri sekarang. Namanya Nadya, lahir dan besar di Jakarta, jadi nggak terlalu heran kalau bahasa pergaulannya “gaul” banget. Saking gaulnya bahkan denger-denger dia ber-lo-gue dengan ibunya sendiri, WAW!

        Siang tadi sepulang kuliah aku melihat twitnya yang cerita kalo dia mau nonton sama ibunya tapi ternyata dapet tiket yang malem dan dia udah terlanjur sampe Mall sini baru tau kalau dapet tiket nontonnya yang jam malem. Maka tak mention di Twitter awalnya cuma bercanda menawarkan diri untuk nemenin sampe jam nonton ternyata ditanggepi serius sama dia ya udah berangkat lah jadinya.

“Eh gimana Asma? Tadi dia sms gua cuma nanya apa gitu tapi nggak dibales lagi pas gue udah jawab.” Begitulah pertanyaan pembuka dari Nadya. Ketika udah menyebut nama Asma berarti kami sudah memasuki “pokok pembicaraan”. Kok bisa? Ya, karena si Asma inilah satu-satunya penghubung diantara kami. Nama lengkapnya Asmaul Husna, temanku di kampus. Di kampus aku mengenalnya dengan sebutan Nana sedangkan Nadya menyebutnya Asma karena nama panggilannya di sekolah memang Asma. Sebutan Nana sepertinya adalah panggilannya di rumah, mungkin jaman kecilnya dulu susah nyebut “Husna” lebih gampang “Nana” dan sebutan Nana baru dipakai lagi di kampus ini. Nadya adalah teman satu sekolah Nana dari SD. Kalo dipikir lagi ngapain juga ya sampai bisa kenal sama temen dari SDnya segala haha.

“wah udah mulai ke pokok bahasan nih? gue nggak ngerti Nad.. gue gak berhubungan sama dia akhir-akhir ini.” Jawabku jujur. “Hah cupu lo Nik, masak nggak tau kabarnya?” sahut Nadya tanpa memberiku kesempatan mengunyah ayam gorengku. “Kemaren dia sms gue sih, tapi gue yang nggak bales haha” “Gayaaaaa, mau sok sok jual mahal lu ya?” “Habis dia nanyain IP anak Mesin yang ditempel di kampus.. IP gue jelek.. males gue kalo ditanyain IP gue brapa” Mendengar jawabanku Nadya tertawa. “Haha gebleg lo, ntar juga dia tau cepat atau lambat, elu online mulu sih kagak belajar” aku cuma bisa tersenyum kecut.

“Temen lu si Rio naksir itu sama Asma” tiba-tiba Nadya mengalihkan topik. “Oh ya? Kagak tau gue. si Rio itu ikhwan mesjid gitu deh.” Jawabku. “Marbot?” sambar si Nadya sambil tertawa. “Bukan laah” jawabku lagi dengan nada setengah kesal. ”Iye tau, ngasal komen kali Nik.. Ada yang terprovokasi nih sepertinya…” Nadya bilang begitu dengan sedikit tertawa. ”Lah terus ikhwan sama naksir sama Asma apaan hubungannya? Ya nggak apa-apalah, udah mau lulus ini, ntar nggak ketemu lagi daripada nyesel lho.” Ucapnya yang diikuti komentarnya sendiri “ini gue ngomong apaan sih?” aku Cuma tersenyum mendengarnya.
               
        Tiba-tiba handphoneku melantunkan ringtone "Chiisana Koi no Uta", yang berarti ada panggilan masuk. Asma meneleponku. "Eh panjang umur nih Nad, Asma nelpon gue." Komentar "Ciyee..." meluncur dengan senyum penuh arti dari Nadya. Lalu telpon itu kuangkat sambil memberi aba-aba dengan telunjuk agar Nadya diam.

     “Assalamualaikum. Halo ada apa Nan?” kucoba mengatur nada bicara senormal mungkin. “Waalaikumsalam. Halo Niko ganggu nggak? Mau minta tolong nih, aku janjiin file proker ke Dinda si Kabid RT baru, tapi kan leptopku udah ku install ulang jadi filenya ilang. Kamu punya back-upnya nggak?” suara di seberang sana sepertinya cemas. “Eerr harusnya sih ada Nan, di Hard disk Properti yang di tempatku kan isinya back-up data-data BEM tahun kita, tapi itu kalo belum ketimpa data lain Haha Dindanya dikasih nomerku aja Nan, biar ntar waktu ke sekre tak bawain.” “Jangan Nik, ntar ngerepotin kamu lagi. Datanya ke aku dulu aja, kebetulan di kost anak-anak baru nyobain bikin kue, butuh kelinci percobaan nih” sahutnya dengan agak malu-malu. “Sip! OK, kalo gitu ntar abis ketemu filenya aku ke kostmu” balasku dengan semangat. “Makasih ya Pak Kabid Properti” “Makasih juga Bu Kabid RT, Wassalamualaikum”

            Belum sempat Nana menjawab salamku HP sudah direbut Nadya. “CIyeee.. Pak Kabid- Bu Kabid, mesranyaaa” ucap Nadya yang hampir separuh restoran mendengarnya. Nana kaget “Lhoh Nadya ngapain lo di situ? Eh lo baru jalan sama Niko? gue bilangin Norman nih”. Nadya tertawa “Iya donk say, kami sudah membina hubungan diluar pertemanan haha Enggak kok say jangan lo bilangin Norman, gue kebetulan aja ketemu Niko di ‘Strawberry’ lihat-lihat pernak pernik cewek gitu, mau beliin buat lo kali Nan” HP langsung ku rebut “Sori Nan, HP lowbat kalian lanjut ngobrolnya via japri ya” langsung ku putus sambungan biarpun di seberang sana sayup-sayup ku dengar Nana entah ngomong apa.
               
          "Sialan lo, pake sebut-sebut ‘Strawberry’ pula, ntar dia mikir aneh-aneh” umpatku ke Nadya yang masih belum selesai ketawa. Ada WhatsApp dari Nana: ‘kalian ini ngapain sering chatingan atau twitteran? Sekarang malah jalan bareng curiga aku. Hayooo, ngapain? nggak ngomongin aku kan?!’ ternyata Nana menanyakan hal yang sama ke Nadya “Eh Nik, Asma bbm gue nanya gini: ’Nad kalo ngobrol atau chat sama Niko ngobrolin apaan sih?’ Bahahaha kocak ah, bales apaan yak? Tadi gue bilang juga ‘Jarang chatingan kok, kalo mau ngatain elu aja gua chatingan’ terus kata dia jawab ‘Anehhhhh’  haha” Nadya tertawa lagi. Tiba-tiba sebuah gagasan muncul di pikiranku, “Aneh nggak sih menurut lo, kalo di pikir-pikir relasi gue sm elu cuma urusan Asma aja lho.” dan bukan suatu yang umum seorang cowok sampai kenal temen SD-SMA dari temennya yang cewek kalau bukan “ada apa-apa”.

       Nadya tersenyum sambil mencomot kentang goreng ku lalu menjawab dengan logat betawinya “Mangkenyeh tong. Cemburu kali dia haha”. Sontak aku yang baru minum hampir tersedak, “Cemburu apa deh Nad?” tanyaku. “Cemburu lah itu nanya-nanya gitu berati udah mendem perasaan tuh” sahutnya. “Ha ha ha gue ragu sama pernyataan lo” ketawa garing saja yang keluar dari diriku. “Ragu dibagian mananye mas?” jawabnya masih dengan logat Betawi. Lalu aku menjawab lagi untuk menghentikan spekulasi “Cowok disekitar Asma tuh banyak kali Nad, nggak gue doank. Kebetulan aja elu ngertinya sama gue.”
               
Tanggapannya sungguh diluar dugaan “Iya tau gua . Si Rio atau siapa itu juga deketnya sama kayanya sama elu. Sama ada kakak kelas lo juga anak Mesin.” aku bertanya “Kakak kelas? kok gue nggak ngerti? anak Jakarta?” Dia menjawab dengan gaya ibu-ibu arisan di sinetron televisi nasional “Anak kampus lo. Kakak kelas. Si Aditya Nasution atau siapa gitu.” “Oh Aditya Nasution, itu gue juga kenal anak BEM juga.” sahutku. “Iyeh itu juga deket lho. Lebih dari yang kau pikirkan anak muda haha kan gue suka nanya, terus Asma cerita. Biasa aja sih. Deket  sering smsan dah pokoknya. Diem aja lu, Ember gua tampol.” Lalu dia melanjutkan lagi ceritanya “Nggak tau juga sih sekarang masih apa kagak kalo waktu jalan sama gue dia suka smsan gitu. gue tanya ‘itu siapa?’ dia cerita dah. Lagian elu deketin cewek diem-diem mulu, bergerak donk.” Ucapnya bersemangat sambil masih mengambil kentang gorengku.
               
             Nadya melanjutkan ceritanya “Kan gue sering tuh ya kalo pas baru jalan bareng gue godain aja si Asma. gue bilang: ‘Niko demen tuh sama elu Ma.’ terus kata dia ‘kagak Niko mah nggak gitu, orang dianya emang baik sama semuanya kok dia itu si Mister Nice Guy. Malahan ada cewek yang lebih deket sama dia daripada sama gue.’ Terus gue jawab lagi ‘kalo beneran demen gmn?’ kata dia ‘Sok tau lo Nad, orangnya aja nggak pernah bilang apa-apa’ terus gue kejar lagi ‘kalo dia bilang terus gimana?’ Eh dianya malah ketawa ketawa aja, dia sambil bilang ‘nggak mungkin Niko mah Haha’ gitu Nik.”



==========to be continued=========

23.05.2012


"cerita ini hanyalah fiktif belaka, jika ada kesamaan tempat, nama dan juga cerita adalah hanya kebetulan semata dan tidak ada unsur kesengajaan"

0 komentar:

Posting Komentar